tips belajar efektif

hari ini aku mau berbagi tips belajar efektif. aku sudah mempraktekkannya dan ini adalah cara belajarku. tips ini sebagai berikut:

a. belajar rutin

belajar dilakukan setiap hari, tidak hanya waktu mau ujian. waktunya tidak harus lama. 1 sampai 2 jam cukup.

b. siapakan suana yang tenang.

atur suana kamar agar tenang dan nyaman. tidak ada musik, film atau game yang mengganggu. semua hiburan dimatikan. kamar juga harus bersih dan rapi. lingkungan yang rapi membuat pikiran bisa konsentrasi dengan cepat dan bagus.

c. kerjakan PR.

kalau ada PR lekas kerjakan. tidak harus urut. kerjakan yang mudah dulu. kalau lupa boleh buka buku, tapi jangan langsung buka buku. kerjakan dengan ingatan diri dulu beberapa kali. kalau tidak bisa baru buka buku.

d. membaca buku.

tak bisa dipungkiri metode pendidikan umumnya dengan cara membaca, padahal ada cara belajar lain seperti mendengarkan dan eksperimen/ percobaan otodidak. untuk metode membaca, jangan langsung baca materi pelajaran, tapi baca judul bab, sub bab dan bagian-bagiannya. biasanya di buku pelajaran dicetak tebal. dengan begitu kita akan paham gambaran umum dan hubungan antar sub bab. selanjutnya kita membaca kontennya, yaitu yang cetak tipis di bawah setiap sub bab.

e. mencatat.

kalau mencatat jangan mencatat semua tapi hanya kata intinya saja. cara mencatat bisa dengan membuat rangkuman, diagram, bagan. pakai peta pikiran juga boleh. yang penting kita paham. kita bisa membuat diagram, mencari inti, menuliskan pemahaman kita. kita juga bisa menuliskan pertanyaan kita kalau kita belum paham. besok di sekolah bisa kita tanyakan kepada guru kita.

f. latihan.

setelah membaca dan mencatat kita coba mengerjakan soal latihan yang ada di buku. kita kerjakan sebagian atau seluruhnya bisa saja. setelah kita kerjakan kita periksa apakah benar sesuai dengan yang di materi pelajaran. kalau benar dan sesuai, selamat! berarti kita telah berhasil paham dan menguasai pelajaran itu. kalau belum sesuai kita harus mengulangi dan memperbaiki jawaban kita sampai paham.

dalam belajar hal yang penting adalah pemahaman. kalau kita paham kita berhasil dalam belajar. kalau tidak, berarti belajar kita kurang berhasil. pemahaman itu diperoleh melalui pemikiran pengaitan konsep. konsep ini yang penting dalam fisika, matematika, termasuk sejarah, bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa jepang termasuk ilmu -ilmu sosial seperti ekonomi,sosiologi. dan lain-lain. konsep adalah susunan yang menghubungkan antar ide-ide yang diajarkan dalam buku pelajaran dan penjelasan guru. saat kita mendapatkan pemahaman dan konsep, kita akan mampu menjelaskan dengan kata-kata kita sendiri. jika guru menugaskan kita untuk menjelaskan atau presentasi di depan kelas kita akan mampu melakukannya dengan baik karena kita menguasai intinya. data-data lain adalah isi pelengkap konsep.

g. diskusi

belajar tidak harus sendiri. kadangkala memang ada tugas kelompok atau kita kesulitan belajar sendiri. oleh karena itu kita bisa belajar dengan teman-teman. saat belajar bersama kita bisa berdiskusi. kalau ada materi yang kita belum bisa kita tanya teman kita. begitu juga jika teman kita masih bingung dengan pelajaran, kita bantu menjelaskan.

dalam hal cara aku sendiri, aku tidak makan camilan waktu belajar. makan bikin pikiran terpecah antara  konsentrasi belajar dan makan. orang lain boleh saja melakukan itu, tapi aku tidak nyaman dengan itu. hanya saja kalau haus boleh minum.

ya, itu saja tips dariku. singkat dan sederhana. semoga bisa membantu belajar kamu jadi lebih baik. oke?

Leave a comment